Tentang Program Studi

regionalplanning1

SEJARAH SINGKAT:

Program Studi Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Perdesaan (PWD) merupakan salah satu kelengkapan sarana pendidikan di USU yang didirikan atas dasar kenyataan bahwa adanya tuntutan akan kebutuhan tenaga perencana wilayah dan perdesaan. Perencanaan pembangunan wilayah ditujukan untuk mengupayakan keserasian dan keseimbangan pembangunan antar daerah sesuai dengan potensi alamnya dan memanfaatkan potensi tersebut secara efisien, tertib dan aman.

Berdirinya Program Studi Pembangunan Wilayah dan Perdesaan (PWD) dimulai pada tahun 1985 dengan membentuk  Program Studi Strata-2 (S2) bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Pendirian program studi ini tertuang dalam Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 75/D/8185 pada tanggal 6 April 1985. Pada tahun akademik 1987/1988, dibuka 4 program S2, yaitu Program Studi : (1) Ilmu Tanah, (2) Agronomi, (3) Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan (PSL) serta (4) Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Perdesaan (PWD). Program ini dilaksanakan dalam bentuk Kegiatan Pengumpulan Kredit (KPK) S2 IPB - USU. Kegiatan perkuliahan dalam KPK ini dilakukan di kampus IPB Bogor dan USU.

Berdasarkan SK Dirjen Dikti, No.474/DIKTI/kep/1992 tanggal 27 Oktober 1992, program S2 Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Perdesaan (PWD) kemudian seutuhnya dibuka di Universitas Sumatera Utara. Program Studi Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Perdesaan (PWD) bersifat multidisiplin, yang berintikan pendekatan sistem terpadu (integrated system), oleh karena itu gelar yang diberikan kepada lulusannya adalah Magister Sains (MS).