Strategi & Sasaran Pencapaian

Sasaran dan ciri-ciri serta profil kemampuan lulusan yang diharapkan adalah:

"Mempunyai kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan perencanaan pembangunan wilayah dan pedesaan, mempunyai daya cipta yang tinggi terhadap perencanaan pembangunan wilayah dan pedesaan, terhadap potensi ekonomi desa, kecamatan, kabupaten dan provinsi, mempunyai kemampuan untuk berpartisipasi dalam analisis perencanaan pengembangan wilayah dan pedesaan yang menyangkut aspek biogeofisik, kelembagaan, ekonomi, sosial, lingkungan dan lokasi serta mempunyai kemampuan untuk merumuskan pendekatan untuk memecahkan berbagai masalah masyarakat, terutama menyangkut perencanaan pembangunan wilayah dan pedesaan dengan penalaran ilmiah."

Strategi untuk mencapai hal tersebut dilakukan dengan cara:

  1. Mengimplementasikan Sistem Penjaminan Mutu Internal yang meliputi aspek akademik dan non akademik
  2. Meningkatkan wawasan dan kualitas kegiatan dosen melalui keikutsertaan dosen dalam konfrensi/seminar nasional dan internasional, lokakarya dan penulisan artikel pada jurnal terakreditasi dan internasional.
  3. Meningkatkan wawasan dan kualitas mahasiswa melalui kegiatan pelatihan (workshop) , seminar, kuliah umum dan penulisan artikel pada jurnal terakreditasi dan internasional.
  4. Melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap kepuasan dosen, mahasiswa dan pengguna lulusan Program Studi Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pedesaan (MPWD) Sekolah Pascasarjana USU.

Indikator dan kriteria keberhasilan Prodi Perencanaan Wilayah dan Perdesaan dapat dilihat dari:

  1. Terimplementasikannya secara baik aspek-aspek yang diharapkan sesuai dengan Sistem Penjaminan Mutu,
  2. Penambahan artikel pada jurnal terakreditasi dan internasional setiap tahun nya.
  3. Setiap dosen minimal ikut serta dalam 2 kali kegiatan seminar, pelatihan (workshop) atau lokakarya per tahun pada seminar nasional dan internasional.
  4. Evaluasi untuk kepuasan dosen, mahasiswa dan pengguna lulusan dengan melakukan tracer study setiap tahunnya.